Selasa

SEMINAR KORUPSI

Pada suatu waktu, sebuah badan international mengadakan seminar tentang pembahasan dan pencegahan korupsi yang terjadi di beberapa negara, terutama di negara-negara Asia. Sebagai percontohan, maka negara Korea Selatan, Jepang, dan Indonesia diberikan kesempatan untuk memaparkan tentang korupsi yang terjadi di negara masing-masing.

Pembicara pertama, wakil dari Korea Selatan, dengan bangganya menjelaskan "Hukum di negara kami tidak pandang bulu, bahkan seorang presidenpun dihukum penjara gara-gara ia korup". Para peserta seminar mendengarkan sambil manggut-manggut.

Pembicara kedua, wakil dari Jepang, dengan tidak kalah bangganya, mengatakan "Para pejabat di negara kami bila terindikasi melakukan korupsi, maka untuk menebus dosa-dosanya kepada rakyat, ia akan melakukan harakiri sebelum dihukum, tidak terkecuali para menteri".
Para pesertapun memberikan acungan jempol.

Tiba pada giliran terakhir, pembicara dari Indonesia dengan meyakinkan ia mengatakan "Negara kami adalah negara paling bersih di dunia !", terjadi perdebatan diantara peserta seminar dan sambil terheran-heran, seorang peserta bertanya "Bukankah setiap hari ada banyak pemberitaan tentang maraknya korupsi di negara anda ?.". Pembicara menjawab dengan penuh pembelaan "benar, tapi ... tidak pernah terbukti kan !". Terdengan suara berdecak dari para peserta seminar, lalu si penanya melanjutkan dengan penasaran "Bagaimana bisa ?!". Dijawab "Indonesia Bisa !, sangat mudah..., sebelum divonis semua bukti dibersihkan dahulu, kalau perlu arsip dan gedungnya dibakar !". "Oh....???!"